Masyarakat Adab

Agustus 4, 2008

Oleh: Warief Djajanto Basorie *)

Sastrawan Amerika, Mark Twain (1835-1910), dengan semangat humor mengatakan perbedaan antara terjemahan tepat dan terjemahan hampir tepat sama dengan perbedaan antara lightning (kilat) dan lightning bug (kunang-kunang).

Bagaimana dengan penerjemahan kata asing ke bahasa Indonesia dan se­baliknya? Satu contoh ialah istilah­ ci­vil society. Dalam Kamus Besar Ba­hasa Indonesia susunan Pusat Baha­sa (edisi ketiga, 2001), sebuah bagi­an berjudul ”Kata dan Ungkapan Baha­sa Asing” berisi 1.800 entri tapi tidak mencantumkan istilah civil society. Tapi, dalam pemakaian sehari-hari, orang telah menerjemahkan civil society menjadi masyarakat madani.

Dalam KBBI, masyarakat madani berarti ”masyarakat yang menjunjung tinggi nilai, norma, hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, dan teknologi yang berperadaban”.

Kata kunci dalam definisi ini ialah­ ”berperadaban”. Peradaban dalam bahasa Inggris ialah civilization. Kata inti civilization ialah civil. Kata inti peradaban ialah adab. Jadi ci­vil society dapat diterjemahkan menjadi masyarakat adab.

Kiranya Pusat Bahasa dapat mempertimbangkan kembali terjemahan civil society ini dalam menerbitkan KBBI edisi keempat yang konon akan terbit pada peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda 28 Oktober 2008. Be­lum ada kata mufakat terjemahan tepat civil society. Apa masyarakat madani, masyarakat sipil, masyarakat warga. Mungkin masyarakat adab paling dekat ke makna civil society dengan memakai adab sebagai kata inti dalam peradaban.

Selain sudah menerbitkan KBBI sam­pai tiga edisi (1988, 1991, dan 2001), Pusat Bahasa menyusun Glosa­rium Istilah bahasa Inggris ke baha­-sa Indonesia dan sebaliknya. Glosa­rium ini disajikan dalam cakram digital (compact disc). Isi glosarium dibagi dalam tiga kelompok besar ilmu: ilmu dasar (misalnya, bidang­ ilmu biologi dan matematika),­ il­mu­ terapan (mi­sal­nya, bidang il­mu farmasi­ dan teknologi infor­-ma­si), serta humaniora (misalnya, ekonomi dan sastra).

Setiap kelompok ilmu berisi­ sekian bidang il­mu.­ Satu bidang ilmu yang tidak masuk ialah hukum.­ Padahal masalah hukum setiap hari diperkarakan dan diberitakan sehingga istilah-istilah hukum sering dibaca dan didengar publik dari media massa.

Bagi para penerjemah, masalahnya­ ialah belum ada kamus atau rujuk­an­ yang dapat menyajikan pener­jemahan tepat istilah hukum tersebut, baik istilah dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris maupun sebaliknya.

Dalam KBBI, bagian ”Kata dan Ungkapan Bahasa Asing” nyaris tidak memuat istilah-istilah hukum dalam bahasa Inggris. Misalnya, ­ung­kapan ”court of last resort” dan ”fair trial” tak ditemukan. Begitu juga dalam kamus terkenal An Indonesian English Dictionary susunan John M. Echols dan Hassan Shadily. Istilah baku sidang pengadilan, seperti amar putusan dan memori banding, tak ditemukan padanan bahasa Inggrisnya.

Satu isu hukum dalam pemberitaan terus-menerus dewa­sa ini ialah kasus Munir. Sejak pejuang hak asasi Munir dibunuh dengan overdosis racun arsenik 7 September 2004, pemberi­taan kon­tinu kasus Mu­nir senantiasa mengangkat istilah hukum. Misalnya, memori banding, me­mori kasasi, hak interpelasi,­ amar putusan, praperadilan, berita acara pemeriksaan, buku putih. Apa padanan bahasa Inggris istilah-istilah tersebut? Baik kamus Echols/Shadily maupun CD Glosarium Istilah Pusat Bahasa belum memuatnya. Para pemakai kamus, terutama kalangan penerjemah, menunggu.

*) Pengajar di Lembaga Pers Dr Soetomo di Jakarta dan penerjemah lepas, dapat dihubungi di wariefdj@yahoo.com.

Sumber: Tempo, Edisi. 24/XXXVII/04 – 10 Agustus 2008

9 Tanggapan to “Masyarakat Adab”

  1. Fendi haris Says:

    harus belajar dengan penuh semangat agar memahami dan mengeti,,

  2. Istanamurah Says:

    ya begitulah gan, ada kesalahan kata dan pemahaman terhadap yang semestinye!!


  3. ayooo d apdet lagi artikelnya

  4. harga hp Says:

    infonya gokil abisss lahhh


  5. blognya bagus tapi artikelnya kurang bagusss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: